Minggu, 28 November 2010

Rubrik sebagai sarana penilaian dalam dunia pendidikan, terutama dalam proses pembelajaran cukup baru keberadaanya. Rubrik bisa mempermudah pekerjaan tugas yang menumpuk dan membutuhkan waktu cepat dalam menyelesaikanya.

Bagian yang sulit dari rubrik hanyalah pembuatannya, tetapi setelah kita melakukannya, kita akan melakukan grading lebih mudah dan menghemat waktu dalam jangka panjang. Terdapat beberapa hal yang bisa lebih mudah dan cepat penilaian bisa dilakukan jika menggunakan rubric, antara lain :

1. Jangkar Penampilan : Konsisten dan fokus

Menandai salah satu tugas dari sekian tumpukan tugas yang banyak sebagai salah satu cara untuk focus pada pekerjaannya. Beberapa orang menggunakan trik dengan menempelkan permen karet pada setiap satu tugas yang telah diselesaikan dari sekian jumlah tugas-tugas yang telah disusun (ditumpuk). Dengan rubric kita bisa memfokuskan perhatian pada tugas yang kita pikirkan sebagai tugas terbaik atau terburuk.

2. Menyokong Feed back yang detail dan formatif : (Rubrik tiga sampai lima level) dapat dilakukan dengan cepat

Dengan rubric kita bias melakukan pekerjaan lebih cepat karena tidak perlu menuliskan catatan-catatan ekstensif pada setiap makalah tugas. Karena hanya dengan mencentang atau membuat lingkaran pada rubric, atau menuliskan satu atau dua kata pada rubric panduan penilaian.

Kunci dari penilaian rubrik adalah cek, lingkaran dan kata-kata terpilih, memudahkan dan mempercepat proses penilaian sambil tetap memberikan feedback yang detail dan formatif. Pilahan – pilhan itu tergantung jenis rubrik yang dipakai, seperti :

a. Rubrik tiga sampai lima level menggunakan kotak untuk dicenteng
b. Rubrik tiga sampai lima level menggunakan lingkaran pada teks (lingkaran)
c. Rubrik panduan penilaian untuk feedback naratif.

Rubrik tiga sampai lima level menggunakan kotak untuk dicenteng dalam proses pembuatannya membutuhkan waktu yang banyak, tetapi membutuhkan waktu sedikit dalam penggunaannya.

Rubrik tiga sampai lima level menggunakan kotak untuk dicenteng merupakan rubrik yang dianggap paling tepat untuk menilai Sesutu yang membutuhkan feedback detail dan kecepatan presentasi oral. Rubrik tiga sampai lima level sangat menghemat waktu dalam penilaiannya.

3. Feedback yang fleksibel dan individual (rubrik panduan penilaian)

Rubrik dengan skala level tiga sampai lima level baik yang dicentang atau dilingkari ketika memberikan penilaian mampu melakukan penghematan waktu dan ketika memberikan feedback kepada siswa dan kaya akan informasi. Rubrik tiga samapai lima level memudahkan penggunaanya tetapi susah pembuatannya. Hal ini berbeda dengan rubrik panduan penilaian. Rubrik panduan penilaian mudah dalam pembuatannya tetapi lebih lama dalam melakukan penilaian aktual terhadap siswa.

Akan tetapi rubrik panduan penilaian pada prakteknya ternyata terkadang lebih menghemat waktu, selain itu rubrik panduan penilaian memiliki manfaat ganda, yaitu individualisasi dan fleksibelitas yang lebih besar dalam penilaian.

Rubrik panduan penilaian dapat digunakan untuk menilai kegiatan siswa dimana siswa bebas berkreasi dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Dalam rubrik panduan penilaian dimungkinkan adanya catatan-catatan terhadap karya siswa pada rubrik. Catatan itu merupakan komentar terhadap kriteria (level) kemampuan siswa dalam berbagai dimensi.

4. Menampilkan feedback sumatif : Menetapkan Nilai

Apabila pada masing – masing dimensi pada rubrik telah ditetapkan, maka penyimpulan dapat menjadi latihan matematis. Setiap dimensi dalam rubrik diberi nilai sebagai point, dan siswa dinilai dari seberapa banyak mereka menempuh point-point yang terdapat dalam rubrik.

5. Menilai metode pengajaran sendiri

Selain digunakan untuk menilai siswa, rubrik juga bisa digunakan untuk menilai diri sendiri, untuk feedback pribadi. Kita bisa melihat pekerjaan siswa untuk mengukur hasil pekerjaan diri sendiri.

Berbagai Variasi Penggunaan Rubrik

Rubrik tiga sampai lima level dan rubrik panduan penilaian merupakan jenis rubrik yang sering digunakan dalam penilaian. Akan tetapi ternyata dalam kelas – kelas khusus seperti lab, managemen, desain grafis dan studio seni perlu dibuat jenis rubrik yang lain, walaupun secara essensi tidak berbeda dengan rubrik yang baku.

Perbedaannya terletak pada proses pengembangan dan isi rubrik dalam menetapkan kegiatan tugas, variasi ini kemudian membutuhkan sedikit format sedikit berbeda, tetapi sebenarnya tidak berbeda dari rubrik yang telah di bahas sebelumnya. Karena semua variasi dari rubrik ini menyertakan komponen dasar dari skala, dimensi, dan deskripsi dimensi yang diatur dalam sebuah table.

Rubrik Bertahap, Untuk Tugas Yang Di Kerjakan Bertahap

Rubrik ini dipakai untuk menilaia dimanaproses pembuatan tugas sama pentingnya dengan hasil akhir. Rubrik ini bisa digunakan untuk waktu lama, sehingga bisa menjadi alat monitoring siswa.

Rubrik ini memberikan pengetahuan penambahan pengetahuan siswa tentang penyelesaian tugas sambil juga memberikan feedback cepat terhadap apa saja yang sudah diperolehnya sejak awal. Kelemahan dari rubrik ini yaitu tidak dapat sespesifik rubrik akhir (yang merupakan rubrik tak bertahap). Namun, rubrik bertahap ini tidak hanya menunjukkan kepada siswa tentang langkah-langkah yang sudah diselesaikan, tetapi juga langah-langkah yang harus dipenuhi.

Rubrik Makalah Riset

Digunakan biasanya untuk proyek yang perlu waktu lama. Rubrik ini memiliki kesamaan dari rubrik bertahap, karena terdapat elemen dari rubrik bertahap yang bisa diambil, akan tetapi rubrik ini juga bisa menjadi panduan siswa untuk memulai penelitian dan juga menjadi bahan refleksi mengenai apa yang harus dilakukan, semacam pengalaman.


Rubrik Rangkap

Rubrik ini dipakai untuk merencanakan penaksiran atau perkiaraan di bandingkan untuk menilai. Rubrik ini digunakan untuk menilai – pada akhirnya dipakai sebagai alat penilan juga – tugas yang kompleks. Pendekatan portofolio rangkap menyatukan semua bagian-bagian dasar dari rubrik sederhana, tetapi menciptakan rubrik-rubrik khusus untuk setiap dimensinya.


Kesimpulannya

Rubrik bisa berguna untuk memberikan penilaian dan sebagai alat penilaian diri. Metode-metode penggunaan rubrik bervariasi, tetapi, secara keseluruhan, metode dengan mencenteng, melingkar, atau memberikan komentar merupakan metode yang lazim digunakan.

Dari proses analisis dapat diketahui bahwa berbagai macam cara rubrik dapat digunakan. Dari laboratorium sains, kelas managemen bisnis, sampai program desain grafis, kita mengadaptasi rubrik dasar untuk memperkenalkan sasaran-sasaran instruksional dan programatik. Sebagai tambahan, rubrik bertahap dan rubrik rangkap menunjukkan cara lain dalam mengadaptasi alat penilaian ini.

Berbagai macam variasi lain tentu saja dimungkinkan. Sekali Anda menguasai seni membuat dan menerapkan rubrik, maka tak dapat diragukan lagi Anda bisa membuat banyak variasi yang didesain untuk disesuaikan dengan disiplin ilmu, keahlian, dan gaya pengajaranmu yang khas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar